Cara membuat tabel di Word paling mudah!

Cara membuat tabel di Word dulu sangat mengganggu dan susah sehingga kebanyakan orang hanya membuatnya di Excel, lalu mengimpornya ke Word. Ada baiknya mencoba tools table di Word 2019, karena prosesnya lebih mudah, dan ada beberapa pilihan grafis baru. 

Tutorial diatas bisa anda terapkan pada Micrsosft Word 2007, 2010, 2013, dan 2016. Silahkan simak baik-baik panduan ini untuk lebih memahaminya lebih lanjut. 

Baca Juga : Cara membuat garis tepi di word (Halaman)

5 Cara membuat tabel di Word dengan mudah!

Microsoft sekarang menyediakan lima metode berbeda untuk membuat tabel: Graphic Grid, Insert Table, Draw Table, Excel Spreadsheet, dan Quick tables. Untuk memulai, buka dokumen Word kosong dari halaman Home / Baru. Posisikan kursor di dokumen tempat Anda ingin tabel disisipkan.

1. Membuat tabel dengan Grafik Grid / Pilih Tabel dari Grid

Di bawah tab Insert, klik  tombol Table. Kotak dialog Insert Table akan terbuka, menunjukkan pola grid dasar serta pilihan menu tradisional di bawahnya. Tempatkan kursor pada sel pertama di grid dan geser ke bawah dan ke atas sesuai kolom dan baris anda mau. Sebagai contoh: empat kolom dan lima baris, lalu klik sekali.

Cara membuat tabel di Word

Perhatikan bahwa setelah tabel dibuat, pilihan baru yang disebut Table Tools muncul di bilah ribbon dengan dua tab baru: Design dan Layout. Lihat bagian layout dan Design di bawah untuk detail tentang opsi ini.

Membuat tabel dengan Grafik Grid / Pilih Tabel dari Grid

Anda bisa memilih gaya tabel yang anda inginkan. Yang ditandai merah pada bagian ruler, agar anda bisa mengatur panjang pendeknya kolom.

Baca Juga  Cara merubah default printer di windows 10

2. Membuat tabel dengan Insert Table

Klik Insert > Tables > Insert Table… dari menu tarik-turun. 

Membuat tabel dengan Insert Table

Dalam kotak dialog Insert Table, masukkan jumlah kolom dan baris yang Anda inginkan dalam tabel ini (empat kolom dan lima baris).

Membuat tabel dengan Insert Table

Di panel AutoFit Behavior, pilih Auto, atau klik panah bawah untuk memilih ukuran tertentu. Anda juga dapat memilih AutoFit to Contents (menghasilkan kolom sempit yang meluas saat Anda menambahkan data) atau AutoFit to Window (memperluas tabel agar pas dengan ukuran dokumen). Centang kotak Remember Dimensions for New Tables jika ingin ukuran yang Anda masukkan sekarang menjadi default untuk tabel di masa mendatang.

Klik Ok untuk membuat table.

3. Membuat tabel dengan Draw Table

Klik Insert> Tables > Draw Table. Kursor berubah menjadi pensil, yang Anda seret ke bawah dan ke seberang untuk menggambar kotak. Jangan khawatir tentang dimensi pastinya; Anda dapat memodifikasinya kapan saja.

Membuat tabel dengan Draw Table

Setelah kotak dibuat, posisikan kursor di dalam kotak dan gambar garis ke atas dan ke bawah untuk kolom dan baris (satu per satu). Jangan khawatir tentang garis bengkok. Ms Word akan meluruskannya saat Anda menggambar.

Membuat tabel dengan Draw Table

Untuk menambahkan atau menghapus kolom dan / atau baris nanti, klik di mana saja di dalam tabel, lalu pilih tab Design di bawah Table Tools. Klik tombol Draw Table untuk menambah atau melanjutkan menggambar garis dengan kursor pensil Anda, atau klik tombol Eraser untuk menghapus garis dengan kursor penghapus. Untuk menghapus garis, cukup sentuh garis dengan kursor penghapus, dan garis tersebut menghilang.

4. Membuat tabel dengan Excel Spreadsheet (buat di Word)

Klik Insert > Tables > Excel Spreadsheet

Baca Juga  Latihan Soal UAS/PAS Matematika Kelas 3 SD Semester 1 kurikulum 2013

Membuat tabel dengan Excel Spreadsheet (buat di Word)

Insert Excel Spreadsheet di lokasi kursor Anda. Anda bisa menggunakan Excel beserta menu dan perintahnya, tetapi setelah Anda memasukkan data, data akan diubah menjadi grafik yang tidak dapat diedit.

Membuat tabel dengan Excel Spreadsheet (buat di Word)

Jika Anda ingin menambah, menghapus, atau mengubah spreadsheet, klik kanan di mana saja di dalam grafik lembar kerja, pilih Worksheet Object dari menu tarik-turun, lalu klik Edit . Spreadsheet asli muncul kembali untuk diedit. Perhatikan menu teratas telah berubah menjadi menu Excel untuk pengeditan.

Juga dari menu dropdown Worksheet Object, Anda dapat mengklik Buka untuk membuka spreadsheet di Excel, sehingga Anda dapat memanipulasinya dalam program itu. Atau klik Konversi untuk melihat kotak dialog Windows yang mencantumkan opsi konversi file.

Excel Spreadsheet (salin dan tempel lembar kerja yang sudah ada)

Di masa lalu, Excel spreadsheet harus diimpor ke Word. Sekarang Anda tinggal menyalin dan menempel. Buka Excel, sorot spreadsheet, dan Copy. Kemudian buka Word, letakkan kursor Anda di lokasi yang diinginkan, dan pilih Paste > Keep Source Formatting .

Opsi lain pada menu dialog Paste adalah Merge Formatting, yang mengubah format teks agar sesuai dengan file tempat Anda menempelkan spreadsheet, dan Keep Text Only, yang menempelkan teks tanpa grid Excel, yang berarti Anda harus menyetel ulang kolom dengan tab.

5. Membuat tabel dengan Quick Tables 

Quick Tables adalah templat tabel Word. Selain sembilan templat yang disediakan, Anda dapat membuat desain Anda sendiri dan menyimpannya ke Galeri Quick Tables untuk digunakan nanti. Klik Insert > Tables > Quick Tables

Membuat tabel dengan Quick Tables

Pilih templat tabel dari menu Quick Tables, lalu modifikasi agar sesuai dengan proyek Anda. 

Membuat tabel dengan Quick Tables

Itulah cara membuat tabel di Word yang sangat mudah dilakukan. Sebenarnya masih satu cara namun sangat sulit dilakukan. Sebagai pemula, cara-cara mudah sangat diperlukan untuk diketahui lebih dini.

Baca Juga  Cara Atasi Limit Google Drive (Quota Exceeded)

Jika anda ingin berkomentar, silahkan tulis saran dan masukan anda dibagian bawah komentar. Kami akan tindaklanjuti dan menjawab jika kami mengetahui. Semoga sukses!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!