Berapa suhu Normal CPU yang baik?

  • Suhu normal CPU yang baik untuk komputer desktop adalah sekitar 120 saat idle, dan di bawah 175 saat sedang dibawah tekanan.
  • Jika Anda menggunakan laptop, Anda harus atur suhu CPU antara 140 dan 190 ℉.
  • Jika CPU Anda memanas melebihi sekitar 200℉, komputer dapat mengalami gangguan, atau mati.
  • Ada berbagai alat yang dapat Anda gunakan untuk melacak suhu CPU, dan membantu komputer Anda menjadi dingin.

Unit pemroses pusat komputer Anda, atau CPU , merupakan komponen terpentingnya. Dan seperti halnya tubuh manusia, ia perlu dijaga pada suhu tertentu untuk bertahan hidup.

Suhu Normal CPU

Untungnya, memeriksa suhu CPU tidaklah sulit, berkat sensor suhu pada motherboard. Tetapi sensor tersebut tidak akan berarti banyak jika Anda tidak memiliki cara untuk melihat datanya, atau bahkan mengetahui suhu seperti apa yang harus Anda cari.

Tidak ada satu pun suhu yang baik yang harus Anda perhatikan. Namun, ada beberapa pedoman dasar yang harus Anda ikuti.

Baca Juga : Perbedaan cloud hosting dan VPS hosting

Inilah yang harus Anda ketahui tentang suhu CPU, termasuk apa yang dianggap sebagai suhu normal CPU yang baik, cara memeriksa suhu CPU Anda sendiri, dan cara mendinginkan komputer jika terlalu panas.

Berapa suhu Normal CPU yang baik? Lihat di bawah ini

Sekali lagi, tidak ada satu pun suhu yang “baik”. Suhu CPU akan bergantung pada cara Anda menggunakannya, dan seberapa besar tekanan yang ditimbulkannya. Tetapi secara umum, Anda harus memastikannya tetap dalam kisaran suhu yang ditentukan.

Baca Juga  3 aplikasi font terbaik gratis untuk android

Saat komputer Anda dalam keadaan diam , atau tidak sedang menjalankan sesuatu yang intensif, Anda harus mengharapkannya berada pada atau di bawah sekitar 120 hingga 130 ℉ .

Yang lebih penting dari suhu idle adalah suhu di bawah beban – dengan kata lain, suhu saat bermain game, merender video, atau menjalankan beberapa aplikasi sekaligus. Saat di bawah beban, idealnya harus tetap pada atau di bawah 175 ℉ .

Ini semua benar untuk komputer desktop. Jika Anda menggunakan laptop – terutama yang lebih ramping, seperti MacBook Air atau netbook – segalanya mungkin menjadi lebih cepat panas. Harapkan suhu idle sekitar 140 , dan suhu beban sekitar 180 hingga 190 ℉ .

  • Targetkan suhu CPU saat diam pada Komputer <120 ℉ hingga 130 ℉ dan pada laptop 130 ℉ hingga 140 ℉
  • Targetkan suhu CPU Di bawah beban pada Komputer <175 ℉ dan pada Laptop 180 ℉ sampai 190 ℉

Namun, dalam kedua kasus tersebut, Anda harus memperhatikan suhu di atas 203 ℉ . Setelah Anda mencapai titik itu, CPU Anda mungkin mulai mencekik sendiri – dalam istilah yang lebih sederhana, itu akan mulai melambat secara otomatis untuk menghindari pemanasan lagi. Dan jika itu tidak berhasil, itu mungkin hanya mati, mengambil komputer Anda bersamanya.

Cara memeriksa suhu CPU

Meskipun motherboard komputer Anda sudah memasang sensor, Anda harus mengunduh aplikasi pihak ketiga untuk memeriksa suhu CPU Anda dengan menilai bacaan dari sensor tersebut.

Untuk Windows, kami menyukai aplikasi HWMonitor gratis, yang dapat diunduh di situs web pengembang . Saat Anda meluncurkan aplikasi, Anda akan menemukan daftar lengkap komponen komputer Anda dan pembacaan suhunya. Temukan CPU, terdaftar dengan nama model dan nomornya, dan periksa suhunya di bawah kolom “Nilai”.

Baca Juga  Mengejutkan! 15 Manfaat Daun Mint Untuk Kesehatan

Untuk Mac, opsi yang bagus adalah aplikasi Open Source XRG. Temukan dan unduh aplikasi di macupdate.com . Saat Anda meluncurkan aplikasi, Anda akan melihat jendela tipis dengan latar belakang hitam, tempat Anda dapat menemukan semua jenis statistik suhu, termasuk panas CPU. Anda dapat menemukan lebih banyak data dan opsi dengan mengklik Jendela(Window) di bagian atas layar, dan memilih Sensor Suhu.

Cara mendinginkan CPU yang terlalu panas

Pertama, Anda ingin memastikan bahwa aliran udara baik di sekitar casing komputer Anda, dan tidak ada halangan ke port pemasukan dan pembuangan udara. Jika CPU Anda tidak bisa mendapatkan udara segar dan mengeluarkan udara keluar, itu akan cepat panas.

Anda juga ingin memeriksa apakah semua kipas berfungsi. Itu bisa semudah menyinari kasing, meskipun jika kasing Anda tidak memiliki bukaan yang besar, Anda mungkin perlu membukanya.

Salah satu hal terburuk untuk komputer adalah debu. Pastikan casing dan port komputer Anda bebas dari debu, terutama jika Anda menyimpan casing di bawah meja atau di tempat lain yang mudah kotor. Ini mungkin berarti membuka casing untuk meniup debu di dalamnya.

Perbaikan yang sedikit lebih maju adalah dengan menerapkan kembali pasta termal ke CPU Anda. Pasta termal adalah zat yang membantu CPU mentransfer panas ke kipas heatsink khusus. Meskipun tahan lama, pasta termal harus diaplikasikan kembali setiap tiga hingga lima tahun.

Bagaimana cara mengoverclock CPU Anda dan meningkatkan kinerja komputer Anda tanpa mengeluarkan uang Apa itu CPU? Panduan ke ‘otak’ komputer atau ponsel Anda, termasuk cara kerjanya Apa itu overclocking? Cara meningkatkan kecepatan dan daya PC Anda dengan mengubah pengaturan CPU-nya Cara memeriksa penggunaan CPU di komputer Anda untuk melihat seberapa baik kinerjanya

Baca Juga  Bagaimana Cara Cek Hp Sudah 4g atau Belum?

Itulah penjelasan mengenai Berapa suhu Normal CPU yang baik. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!