11 Cara Mengatasi Suara Laptop tidak Keluar di Speaker Aktif

Beberapa masalah audio yang Anda temui dengan suara laptop tidak keluar di speaker aktif Anda termasuk gangguan audio, masalah saat menyambungkan perangkat audio eksternal, atau suara tidak berfungsi sama sekali.

Suara Laptop tidak Keluar di Speaker Aktif

Kegagalan suara ini dan lainnya dapat disebabkan oleh masalah hardware dan software. Misalnya speaker laptop atau headphone tidak berfungsi , atau pembaruan sistem operasi bar u menambahkan tambalan yang dapat bertentangan dengan driver audio lama atau perangkat lunak kartu suara.

Baca Juga : 3 Cara Memperbaiki touchpad lenovo tidak berfungsi

10 Cara mengatasi Suara Laptop tidak Keluar di Speaker Aktif di Windows 10

Apa pun masalahnya, kami akan menunjukkan kepada Anda beberapa solusi yang telah dicoba dan diuji untuk digunakan ketika menemukan suara laptop tidak keluar di speaker aktif. Jangan ragu untuk melihat video kami di YouTube yang membahas beberapa perbaikan tiket yang lebih besar dengan cepat.

1. Periksa Volume

Mungkin saja Anda tidak sengaja mematikan volume pada laptop baik dengan menekan tombol mute atau mengklik ikon speaker pada taskbar Windows.

Suara Laptop tidak Keluar

Jika memasang speaker eksternal, hidupkan dan naikkan volume. Jika mendengar bunyi ding tetapi masih tidak mendapatkan audio yang diinginkan, periksa aplikasi yang Anda coba gunakan dan nyalakan atau naikkan volumenya.

2. Coba Gunakan Headphone

Jika speaker internal laptop tidak berfungsi, coba hubungkan headphone atau gunakan speaker eksternal. Jika mendapatkan suara melalui perangkat audio eksternal, masalahnya mungkin ada pada speaker laptop. 

tau, jika memiliki headset atau headphone USB, coba colokkan dan periksa apakah Anda mendapatkan suara karena ini melewati driver audio default, dan dapat menunjukkan di mana masalahnya.

Baca Juga  Cara Membuat Email Baru di Gmail lengkap dengan gambar

3. Ubah Perangkat Audio

Jika Anda telah menyambungkan perangkat audio USB atau menyambungkan ke monitor HDMI eksternal yang tidak memiliki speaker, Windows dapat mengarahkan suara laptop ke perangkat keluaran yang salah, membuat Anda mengira suara laptop tidak keluar di laptop.

pilih Open sound settings

Untuk mengatasi ini, klik kanan ikon speaker , pilih Open sound settings dan masukkan preferensi audio . Di bagian Output, klik Manage Sound Devices .

klik Manage Sound Devices

Pilih Output Devices dan klik tombol Test . Cobalah untuk setiap perangkat audio yang Anda lihat sampai mendengar suara laptop.

klik tombol Test

Baca Juga : 4 Solusi Touchpad Laptop Toshiba tidak Berfungsi

4. Periksa Koneksi

Periksa koneksi seperti headphone, speaker, jack dan colokan untuk kabel atau kabel yang longgar dan pastikan sudah terpasang, dan ke jack yang benar untuk beberapa jack. Jika Anda memiliki speaker dan headphone yang terpasang, cabut salah satunya dan lihat apakah itu membantu.

5. Jalankan Troubleshoot Audio

Pemecah masalah suara Windows dapat membantu memperbaiki masalah suara laptop secara otomatis. Untuk melakukan ini, klik Start> Settings> System> Sound dan pilih Troubleshoot

pilih Troubleshoot

klik dan temukan masalah dengan pemutaran suara, lalu klik Next.

klik Next

Pilih perangkat yang ingin Anda pecahkan masalahnya dan ikuti instruksi untuk menyelesaikan prosesnya.

6. Periksa Pembaruan Windows

Klik  Start> Settings.

Periksa Pembaruan Windows

Kemudian Update & Security .

Kemudian Update & Security

Klik Windows Update> Check for Updates.

Check for Updates

Jika Anda melihat status Updates is available , klik Install now . Klik pembaruan yang ingin Anda instal, lalu pilih Instal .

Nyalakan ulang laptop dan periksa apakah suara laptop tidak keluar. Jika status menunjukkan You’re up to date, coba solusi berikutnya.

7. Periksa Pengaturan Suara

Selain memeriksa apakah speaker dibisukan atau volume dinaikkan, Anda dapat memeriksa untuk memastikan perangkat tidak dinonaktifkan. Untuk melakukan ini, klik Start> Settings> System> Sound. Pilih perangkat dan kemudian klik Device Properties untuk perangkat input dan output.

klik Device Properties

Hilangkan centang pada kotak Disable untuk perangkat Anda dan periksa apakah suara laptop berfungsi kembali.

Hilangkan centang pada kotak Disable

8. Perbarui Driver Audio

Driver yang kedaluwarsa atau tidak berfungsi juga dapat menyebabkan masalah suara laptop dan hardware lainnya. Periksa apakah driver audio telah diperbarui, dan jika tidak, perbarui. Anda juga dapat menghapusnya dan secara otomatis menginstal ulang di komputer, menggunakan driver audio Windows generik atau mencoba dan memutar kembali driver audio.

Baca Juga  Bagaimana Cara Cek Nomor IMEI yang Benar?

Untuk memperbarui driver audio, klik kanan Start> Device Manager .

Device Manager
Perluas kategori Sound, video and game controllers.
Perluas kategori Sound, video and game controllers
Klik kanan kartu audio atau audio device, dan klik Update Driver .
klik Update Driver
Lalu klik Search automatically for updated driver software.
Search automatically for updated driver software
Windows akan mencari driver baru. Jika tidak, periksa situs web produsen perangkat untuk mengunduh driver audio yang diperbarui.
Jika memperbarui driver suara laptop tidak membantu, hapus instalannya dan restart PC untuk menginstal ulang driver. Untuk melakukan ini, buka Device Manager > Sound, video and game controllers dan klik kanan Device audio atau Audio Card. Pilih Uninstall device
Pilih Uninstall device
Klik Delete the driver software for this device box, and pilih Uninstall. Reboot laptop anda.
pilih Uninstall. Reboot
Catatan : Jika Anda melihat tanda seru kuning di samping kartu suara atau perangkat suara laptop, itu berarti Anda perlu mencari dan menginstal driver audio dari situs web produsen.

9. Lakukan System Recovery

System Recovery dibuat ketika Microsoft menginstal pembaruan pada sistem operasi komputer untuk berjaga-jaga jika terjadi masalah. Anda dapat memulihkan dari titik sebelumnya sistem sebelum audio berhenti bekerja dan memeriksa apakah itu menyelesaikan masalah suara laptop.
Untuk melakukan ini, buka Control Panel dan ketik Recovery di kotak pencarian dan pilih Recovery.

pilih Recovery
Selanjutnya, Klik Open System Restore.
Klik Open System Restore

Klik Next Di kotak Restore system files and settings.

Klik Next Di kotak Restore system files and settings

Pilih restore point yang ingin Anda gunakan dan klik Scan for affected programs dan lihat apakah driver audio Anda adalah salah satu driver yang terpengaruh. Jika itu menunjukkan None Detected , coba solusi berikutnya.

klik Scan for affected programs

10. Update Bios

Dalam keadaan yang sangat jarang, pembaruan perangkat lunak, ketidakcocokan perangkat keras, atau penginstalan ulang Windows dapat menyebabkan masalah suara laptop tidak keluar di speaker aktif. Dalam kasus seperti itu, Anda mungkin perlu mengubah sesuatu di BIOS.
BIOS mengontrol semua yang ada di komputer karena sudah terpasang di motherboard. Panduan kami tentang apakah Anda memerlukan pembaruan BIOS atau tidak menjelaskan lebih lanjut tentang cara memeriksa apakah diperlukan, tetapi ini bukan lingkungan yang dapat Anda akses langsung dari dalam Windows.
Jika Anda memiliki laptop yang lebih tua atau laptop yang boot dengan lambat, tekan F1 atau F2 saat power-on untuk masuk ke lingkungan BIOS pra-booth. Jika laptop cukup baru, lakukan langkah-langkah di bawah ini untuk masuk ke BIOS.
Klik Recovery dan kemudian klik Restart Now di bawah Pengaktifan Lanjutan.
Klik Troubleshoot.
Selanjutnya, klik Advanced Options.
Pilih UEFI Firmware Settings. Jika ikon tidak tersedia, klik Startup Settings.
Saat laptop restart, ketuk F1 atau F2 untuk masuk ke BIOS, dan klik Restart . Sistem akan restart dan membawa Anda ke lingkungan BIOS. Di BIOS, periksa apakah kartu suara diaktifkan, dan periksa juga apakah laptop menggunakan versi BIOS / UEFI terbaru. Anda dapat membandingkan dengan versi di situs web produsen perangkat, dan memperbarui jika yang baru tersedia.
Catatan : Hati-hati saat memperbarui BIOS karena mungkin saja merusak komputer jika Anda tidak mengikuti langkah-langkah dengan sangat jelas.

11. Perbaiki Audio

Jika tidak ada yang berfungsi dan Anda masih memiliki masalah suara laptop, Anda mungkin melihat speaker longgar di PC atau bahkan speaker rusak. Anda dapat membawanya untuk diperbaiki ke profesional PC atau jika masih dalam garansi, kirimkan ke pabrikan untuk diagnosis dan perbaikan.

Penutup

Semoga solusi cara mengatasi suara laptop tidak keluar di speaker aktif dapat memandu Anda saat mencoba menemukan dan menyelesaikan masalah audio di laptop. Jika masih mengalami masalah setelah mencoba salah satu solusi di atas, bagikan dengan kami dengan meninggalkan komentar di bawah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!